Search This Blog

Loading...

Thursday, February 18, 2010

SOLUSI PONSEL TERKENA AIR

Pernahkah ponsel anda tiba-tiba terjatuh ke dalam air? Lalu ponsel anda tidak dapat digunakan kembali alias mati total, bagaimana solusinya?
Jika mengalami hal seperti itu, jangan panik meskipun kita ingat bahwa ponsel kesayangan harganya jutaan rupiah, kalo dipikirin terus bisa stresssssssss!!!!!
Untuk itu saya saya mencoba mengajak untuk menjadi P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) jatuh ke dalam air.!!!!
Jika Ponsel anda masih baru dan bergaransi, lupakan saja masalah garansi. Karena jelas-jelas Service Center dari vendor ponsel tidak mau menerima dan memberikan garansi jika ponsel tersebut terbukti terkena cairan, walaupun segel garansi masih utuh.
Informasi buat pembaca, jika kita keseringan kelaut / bermain dipantai dan selalu menggunakan ponsel bisa juga lo anginnya dapat menyebabkan korosi pada ponsel. Secara logika benar kan….!!!!!!!!

Ok. Kita coba ya dengan wacana awal kita Solusi Ponsel Terkena Air, :
1. Keringkan
Langkah pertama jika ponsel terkena air atau terendam air, usahakan cepat-cepat mengangkatnya dan segera cabut battery ponsel tersebut. Segera keringkan bagian luar ponsel dengan kain lap bersih, atau tisu. Agar air tidak masuk semakin banyak.
Lalu buka semua casing serta lepas semuanya dari bagian-bagiannya bisa dikatakan bongkar abis…jangan takut, dengan begini anda akan kreatif. Atau jika tidak bisa atau tidak alat untuk membongkar keringkan dengan hair dryer atau kipas, kipasi selama 1-2 jam atau lebih. Dan setelah kering anda tidak yakin…segera bawa ke counter terdekat, karena pertolongan pertama tadi udah kita lakukan, tapi jika yakin bongkar dan keringkan seluruh nya pastikan sudah kering benar.

2. Power Supply
Setelah di keringkan, pasang kembali ponsel dan coba nyalakan menggunakan batere atau dengan mengguakan Power Supply. Dengan menggunakan Power Supply, komponen yang korslet terkena air dengan mudah dapat terdekteksi.
Jika ponsel kembali nyala, malasah sudah teratasi……
Jika tidak, maka perhatikan pergerakan arus Pada Power supply, jika tidak ada reaksi, kemungkinan masalah ada pada rangkaian regulator power supply IC pada ponsel atau pada Swich on/off ponsel.
Jika ada reaksi arus pada power supply, langkah selanjutnya lakukan perbaikan data software pada ponsel, caranya dengan flashing menggunakan software dan kabel data yang sesuai. Biasanya setelah di flashing berhasil dan ponsel bisa hidup, jika flashing gagal ada kemungkinan kerusakan pada bagian prosesor dan memory ponsel sehingga diperlukan pengecekan hardware lebih lanjut atau penggantian komponen tersebut.
Semoga bermanfaat yaa…………..

No comments:

Post a Comment