Search This Blog

Loading...

Thursday, February 18, 2010

SEJARAH INTERNET

Internet adalah jaringan computer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seuluruh dunia.
Jaringan ini meliputi jutaan pesawat computer yang terhubung satu dengan lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik.
Jaringan jutaan computer ini mungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar computer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan.
Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak (dalam hal ini provider) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediaakan informasi dan data yang dapat diakses oleh pihak lain yang bergabung dalam internet.
Pihak yang telah bergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri (bagaikan nomor telepon) yang dapat dihubungi melalui jaringan internet.
Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal computer (PC) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengakses internet.
Protokol yang digunakan adalah TCP/IP, mampu memfatilitasi dan pertukaran data.

SEJARAH
Teknologi internet berkembang dari sebuah penelitian rahasia dapartemen Pertanahan Amerika pada tahun 1969 untuk mencoba metode jaringan computer dalam rangka mempertahankan diri dari serangan militer dengan menyebarkan pesan-pesan yang dinamis.

ARPAnet ( Advance Reseach Projects Agency network ) kemudian memulai sejarah ia mampu menghubungkan tiga jaringan di California dengan satu jaringan di UTAH-jaringan-jaringan ini terkomunikasikan satu sama lain dengan sebuah aturan yang disebut dengan Internet Protocol ( IP ).

Pada tahun 1972, ketika ARPAnet mulai mempublikasikan , penggunanya terus berkembang hingga 50 universitas dan organisasi riset dengan kontrak pertahanan, dan setahun kemudian koneksi internasional pertama mulai dibangun dengan jaringan di Inggris dan Norwegia.
Satu decade berikutnya, protocol internet disempurnakan dengan satu set protocol komunikasi, The Transmission Control Program/Internet Protocol (TCP/IP), yang mendukung dua jaringan sekaligus lokakala dan area yang luas.
Tidak lama semenjak itu, Natipnal Science Foundation (NSF) menciptakan NFSnet untuk menghubungkan lima pusat computer super, dan ini, bersama TCP/IP kemudian menggantikan ARPAnet sebagai tulang punggung internet.
Di tahun 1995, NFS menghentikan NFSnet dan tanggungjawab internet diserahkan pada sector privat. Perkembangan berikutnya, privatisasi internet berlanjut ketika ICANN tanpa sengaja bertanggungjawab sistem penamaan di tahun 1998 dibawah perjanjian dengan departemen perdagangan amerika.
Dipicu oleh meningkatnya popularitas PC (Personal Computer / Perangkat Computer), layanan email dan web ( World Wide Web =WWW, yang diperkenalkan tahun 1991 dan mengalami ledakan pertumbuhan di awal tahun 1993), internet menjadi factor signifikan dalam pasar dan perdagangan bursa selama setengah akhir dekade tersebut.
Hingga ditahun 2000-an, masyarakat dewasa yang menggunakan internet di Amerika saja sudah mencapai angka 100 juta. Peningkatan globalisasi internet ini telah menuntun sejumlah Negara untuk menunjuk badan pengawas dan komite internet untuk melampai pemerintah Amerika dan ICANN sebagai badan internasioal, akan tetapi sebuah pertemuan teknologi Internasional tahun 2005 menyepakati untuk melanjutkan status quo selama mendirikan sebuah forum internasional untuk mendiskusikan masalah kebijakan dalam internet.

(sumber : Colombia Encyclopedia dan sumber lain)

No comments:

Post a Comment